Resep Kue Pancong Jaman Dulu

Kembali ke Kenangan Manis di Masa Lalu

Hello, pembaca! Pada kesempatan kali ini, kita akan berkenalan dengan resep kue pancong jaman dulu yang mengingatkan kita pada kenangan manis di masa lalu. Kue pancong adalah salah satu jajanan tradisional Indonesia yang sangat populer pada zamannya. Rasanya yang lezat dan teksturnya yang garing membuat kue ini menjadi favorit di kalangan masyarakat. Nah, jangan lewatkan informasi berikut ini untuk mengetahui cara membuat kue pancong yang autentik dan nikmat!

Seperti yang kita ketahui, kue pancong adalah produk kuliner asli Indonesia yang telah ada sejak lama. Kue ini terbuat dari bahan-bahan sederhana seperti tepung beras, kelapa parut, gula, dan santan. Cara pembuatannya pun cukup unik, yaitu dengan menggunakan wajan khusus yang memiliki beberapa lubang kecil di permukaannya. Hal inilah yang memberikan bentuk khas pada kue pancong.

Untuk membuat kue pancong yang lezat, pertama-tama kita perlu menyiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu. Dalam resep ini, kita akan menggunakan tepung beras sebanyak 200 gram, kelapa parut 100 gram, gula kelapa 100 gram, santan 300 ml, dan sedikit garam. Jika semua bahan sudah siap, kita bisa mulai membuat adonan kue pancong.

Caranya cukup mudah, campurkan tepung beras dan garam dalam sebuah wadah. Kemudian, tuangkan santan secara perlahan sambil terus diaduk hingga adonan tercampur rata. Setelah itu, masukkan gula kelapa dan kelapa parut ke dalam adonan. Aduk kembali hingga semua bahan tercampur merata.

Selanjutnya, panaskan wajan pancong di atas api sedang. Olesi permukaannya dengan sedikit minyak goreng agar adonan tidak lengket. Setelah wajan panas, tuang adonan kue pancong ke dalam setiap lubang di wajan. Biarkan adonan matang dan berubah warna menjadi kecokelatan.

Ketika kue pancong sudah matang di satu sisi, balikkan dengan hati-hati menggunakan tusuk gigi atau sendok kayu. Biarkan kue pancong matang hingga kedua sisinya berwarna kecokelatan yang merata. Setelah itu, angkat kue pancong dari wajan dan letakkan di atas piring saji.

Resep kue pancong ini berbeda dari resep biasa karena kita juga akan menambahkan topping keju parut yang membuat kue ini semakin lezat. Setelah kue pancong matang, taburi permukaannya dengan keju parut secukupnya. Biarkan keju meleleh dan menambah cita rasa pada kue pancong.

Sekarang, kue pancong jaman dulu yang lezat dan autentik siap untuk disajikan. Anda bisa menikmatinya saat masih hangat atau menyimpannya dalam wadah kedap udara untuk dinikmati di lain waktu. Tidak hanya enak disantap sendiri, kue pancong juga cocok dijadikan sebagai hidangan penutup saat ada tamu yang berkunjung.

Memang tak dapat dipungkiri, kue pancong ini benar-benar memanjakan lidah. Rasanya yang gurih dan manis, serta teksturnya yang renyah membuat kue ini menjadi camilan favorit di masa lalu. Mungkin banyak dari kita yang merindukan kenangan makan kue pancong bersama keluarga atau teman-teman terdekat.

Kesimpulan

Dalam kesimpulan, resep kue pancong jaman dulu ini memberikan kita kesempatan untuk kembali mengenang kenangan manis di masa lalu. Kue ini bukan hanya sekadar makanan, tetapi juga simbol dari kebersamaan dan kehangatan keluarga. Dengan mencoba resep ini, kita dapat menciptakan momen baru yang tak kalah berharga dengan kenangan masa lalu. Selamat mencoba!

Tinggalkan komentar