Resep Kue Kering Nastar: Lezatnya Rasa Lebaran yang Tak Terlupakan

Halo pembaca yang budiman! Apakah Anda salah satu pecinta kue kering yang tak bisa dilewatkan saat momen lebaran tiba? Jika iya, maka Anda berada di tempat yang tepat! Di artikel ini, kami akan membagikan kepada Anda sebuah resep kue kering nastar yang tak hanya lezat, tetapi juga dapat mengingatkan Anda pada suasana lebaran yang penuh kehangatan.

Bahan-bahan yang Diperlukan untuk Membuat Kue Kering Nastar

Sebelum kita mulai pembuatan kue kering nastar, ada baiknya jika kita mempersiapkan semua bahan yang diperlukan terlebih dahulu. Berikut adalah bahan-bahan yang perlu Anda siapkan:

– 250 gram tepung terigu protein rendah

– 200 gram mentega tawar

– 2 kuning telur

– 50 gram gula tepung

– ¼ sendok teh garam

– 100 gram selai nanas

– 1 butir kuning telur untuk olesan

Langkah-langkah dalam Membuat Kue Kering Nastar

Setelah semua bahan telah disiapkan, mari kita mulai membuat kue kering nastar yang lezat ini. Berikut adalah langkah-langkah yang perlu Anda lakukan:

1. Pertama-tama, siapkan sebuah wadah dan ayak tepung terigu ke dalamnya. Kemudian, tambahkan mentega tawar yang telah dicincang dan kuning telur. Aduk semua bahan tersebut hingga tercampur rata.

2. Selanjutnya, tambahkan gula tepung dan garam ke dalam adonan. Uleni adonan dengan tangan hingga menjadi adonan yang lembut dan tidak lengket di tangan Anda.

3. Setelah adonan selesai diuleni, bungkus adonan dengan plastik wrap dan simpan di dalam kulkas selama kurang lebih 30 menit. Hal ini bertujuan agar adonan menjadi lebih mudah diolah.

4. Sementara adonan beristirahat di dalam kulkas, panaskan oven terlebih dahulu dengan suhu sekitar 180 derajat Celsius.

5. Setelah 30 menit berlalu, ambil adonan dari kulkas dan bentuk adonan nastar sesuai dengan selera Anda. Umumnya, adonan nastar dibentuk bulat dengan menggunakan sendok cetakan nastar.

6. Setelah adonan nastar selesai dibentuk, ambil sejumput adonan dan pipihkan dengan menggunakan ibu jari Anda. Kemudian, beri sedikit selai nanas di atas adonan pipih tersebut.

7. Lipat adonan nastar hingga selai nanas tertutup rapat. Bentuk kembali adonan menjadi bulat dan letakkan di atas loyang yang telah diolesi dengan sedikit mentega.

8. Ulangi langkah 6 dan 7 hingga seluruh adonan nastar dan selai nanas habis.

9. Setelah selesai membentuk seluruh adonan, kocok kuning telur dan gunakan untuk mengolesi permukaan nastar. Hal ini akan memberikan warna keemasan yang cantik pada kue kering nastar Anda.

10. Terakhir, panggang kue kering nastar dalam oven yang telah dipanaskan sebelumnya selama 20-25 menit atau hingga nastar matang dengan baik.

Tips dan Trik dalam Membuat Kue Kering Nastar yang Lezat

Mungkin Anda pernah merasa kecewa ketika mencoba membuat kue kering nastar namun hasilnya tidak sesuai dengan harapan. Untuk itu, kami memiliki beberapa tips dan trik yang dapat Anda ikuti agar kue kering nastar Anda selalu lezat dan sempurna:

1. Pastikan mentega yang digunakan dalam adonan benar-benar tawar, agar kue kering nastar tidak terasa asin.

2. Uleni adonan dengan tangan hingga benar-benar lembut. Hindari menguleninya terlalu lama, karena hal ini dapat membuat adonan menjadi kenyal dan kurang enak.

3. Saat membentuk adonan nastar, pastikan selai nanas yang diberikan tidak terlalu banyak. Jumlah yang pas akan memberikan cita rasa yang seimbang antara adonan dan selai.

4. Jika Anda menginginkan nastar yang lebih renyah, Anda dapat menambahkan 50 gram kismis yang telah direndam dalam air hangat ke dalam adonan nastar.

5. Ketika memanggang nastar di dalam oven, pastikan suhu oven sudah mencapai 180 derajat Celsius agar kue matang secara merata.

Kesimpulan

Demikianlah resep kue kering nastar yang lezat dan mudah untuk Anda coba di rumah. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas beserta tips dan trik yang kami berikan, kami yakin Anda akan dapat membuat kue kering nastar yang sempurna dan lezat. Selamat mencoba dan semoga lebaran Anda menjadi lebih spesial dengan kehadiran kue kering nastar yang lezat ini. Selamat merayakan lebaran!