Segudang Manfaat Panjat Tebing, Kamu Wajib Tahu

Meskipun olahraga panjat tebing terbilang ekstrim, namun, faktanya terdapat banyak sekali manfaat olahraga tersebut untuk kesehatan. Selain berdampak pada kebugaran jasmani, melakukan olahraga rock climbing juga akan membantu kamu sehat secara mental. Tidak percaya? Yuk simak beberapa faktanya di bawah ini.

Manfaat Olahraga Panjat Tebing

1. Mengatasi depresi

Salah satu manfaat olahraga panjat tebing adalah menghilangkan stres. Berolahraga dapat meningkatkan hormon endorfin di dalam tubuh. Hormon endorfin dapat membuat suasana hati menjadi lebih baik serta membantu untuk mengurangi gejala kecemasan serta depresi. Selain itu, olahraga ini dapat mengalihkan pikiran negatif sejenak yang dapat memicu rasa cemas dan depresi.

2. Meningkatkan fleksibilitas otot

Memanjat tebing membutuhkan fisik yang kuat karena Anda menggunakan banyak sekali otot-otot tubuh.  Ambil contoh, kekuatan otot tangan untuk memegang handle atau grip serta kekuatan otot kaki dan pinggang untuk menahan keseimbangan. Jika melakukan olahraga ini secara rutin, kamu mungkin dapat meningkatkan fleksibilitas otot, melatih kekuatan otot, serta mengurangi risiko cedera saat berolahraga.

3. Melatih otak

Rock climbing juga dapat bermanfaat untuk melatih otak dan meningkatkan kemampuan kognitif. Pasalnya, olahraga ini tidak hanya mementingkan kekuatan otot tangan maupun kaki, tetapi juga kemampuan berpikir dalam menentukan strategi yang tepat. Sering panjat tebing dapat membantu untuk mempertajam pikiran serta meningkatkan kemampuan otak dalam membuat keputusan.

4. Meningkatkan keseimbangan dan koordinasi

Olahraga rock climbing juga dapat membantu melatih keseimbangan tubuh. Pasalnya, keseimbangan merupakan salah satu teknik dasar yang perlu dimiliki dalam melakukan panjat tebing. Selain itu, olahraga ini juga dapat meningkatkan koordinasi tubuh dalam bergerak dengan posisi tertentu menggunakan tangan dan kaki secara bersamaan.

5. Menyehatkan jantung

Kegiatan mendaki selama panjat tebing serupa dengan berlari dalam kecepatan sedang, sehingga kegiatan ini mampu membakar kalori dan meningkatkan kebugaran jasmani.   Selain itu, olahraga ini dapat memperkuat otot tubuh dan meningkatkan kemampuan otot dalam menerima oksigen dari aliran darah. Dengan begitu, jantung dapat bekerja dengan lebih efisien untuk memompa darah.

Teknik Dasar Panjat Tebing

1. Teknik merayap (edging)

Edging dilakukan menyerupai posisi merayap. Anda dapat menginjak pegangan atau handle dengan menggunakan ujung sepatu. Tahan keseimbangan pijakan dengan menggunakan jempol kaki, kemudian bergerak naik ke atas secara perlahan.

Pastikan untuk tidak banyak bergerak dan benar-benar diam sebelum Anda siap untuk mengangkat kaki dan mencari pijakan selanjutnya.

2. Pegangan tangan

Untuk panjat tebing, Anda juga perlu menguasai cara mencengkram atau pegangan tangan. Jika pegangan tangan Anda tepat, Anda akan lebih mudah memanjat. Salah satu teknik pegangan tangan yang paling umum adalah the crimp. Teknik ini dilakukan dengan memegang handle menggunakan ujung jari. Letakan posisi ibu jari tangan di atas jari telunjuk. Ini karena ibu jari umumnya lebih kuat dibandingkan jari-jari lainnya.

3. Palming

Palming merupakan teknik yang tepat untuk digunakan saat tidak ada pegangan. Teknik ini dilakukan dengan meletakkan telapak tangan Anda pada batu. Teknik ini dapat membantu kamu menjaga keseimbangan saat ingin mengubah posisi kaki.

4. Flagging

Teknik ini dilakukan dengan menyeimbangkan posisi dengan menggunakan anggota tubuh. Tujuannya Anda tidak bergerak terlalu jauh dari batu atau dinding. Teknik panjat tebing ini dilakukan dengan menumpukan seluruh tubuh Anda ke salah satu sisi, dan mengayunkan kaki ke sisi lain tubuh untuk tetap menjaga keseimbangan.

5. Lay backing

Teknik lay backing dilakukan dengan menggunakan kekuatan yang berlawanan. Lengan menarik retakan dan kaki mendorong batu untuk bergerak maju. Pada teknik ini, kamu dapat meluruskan lengan ke atas tanpa takut cedera sebab sebagian besar tumpuan akan berada pada kaki.

Peralatan Olahraga Panjat Tebing

Peralatan olahraga panjat tebing sangat penting untuk keselamatan dan kenyamanan pemanjat. Memiliki peralatan lengkap, tepat, dan berkualitas baik sangat diperlukan oleh setiap praktisi panjat tebing.

Setidaknya ada 14 peralatan olahraga panjat tebing yang perlu dipersiapkan. Berikut ini daftar peralatan olahraga panjat tebing:

Helm: digunakan untuk melindungi kepala dari jatuhnya batu, pukulan, atau benturan saat mendaki.

Tali panjat: digunakan untuk mengikat pendaki dan menahan berat badan pendaki jika terpeleset atau jatuh.

Sabuk pengaman (harness): digunakan untuk mengikatkan diri ke tali panjat. Biasanya diikatkan di pinggang dan kedua paha.

Alat penambat (belay): digunakan untuk mengendalikan kecepatan tali panjat saat pemanjat turun dari ketinggian.

Klip karabiner: digunakan sebagai pengait berbagai peralatan memanjat, seperti tali, alat penambat, dan sebagainya.

Quickdraw: merupakan dua karabiner yang dihubungkan sebuah gantungan khusus. Berfungsi untuk mengurangi gesekan saat pengendara bergerak naik.

Climbing cams: alat untuk mengunci tali di dalam celah atau retakan dinding. Berguna untuk memberi cengkraman tambahan.

Sepatu sol karet: bahan karet dipilih karena lengket dan bisa mencengkram batu lebih kuat dari pada jenis bahan lainnya.

Kapur: digunakan untuk mengoles telapak tangan sehingga tangan tidak licin dan bisa mencengkram pegangan dengan kuat.

Tas kapur: tas untuk menampung kapur dan dipakai pemanjat seperti sabuk selama olahraga panjat tebing.

Pita jari: digunakan untuk membungkus tangan dan jari sehingga terlindungi dari goresan dan luka.

Sarung tangan: digunakan untuk melindungi tangan dari permukaan tebing kasar dan sengatan matahari.

Matras: diletakkan di bawah platform panjatan untuk melindungi tubuh dari cedera jika terpeleset atau kecelakaan.

Dalam melakukan olahraga panjat tebing, perlengkapan yang mumpuni juga diperlukan. Tak hanya agar aktivitas bisa dilakukan dengan nyaman, namun faktor utamanya untuk meningkatkan keselamatan kamu dan orang lain yang menekuni olahraga ini.

Tentu saja, jawaban paling tepat bisa kamu temukan di Eiger Adventure, yang menyediakan berbagai peralatan aktivitas luar ruang seperti olahraga ini. Dengan mengunjungi situsnya kamu bisa menemukan banyak sekali peralatan berguna dan berkualitas, yang akan memaksimalkan panjat tebing yang kamu lakukan!